HARI KEEMPAT PENCARIAN, TIM SAR GABUNGAN BERHASIL TEMUKAN KORBAN KECELAKAAN KAPAL DI PERAIRAN PANGANDARAN PADA SABTU (05/10/19) PUKUL 07.15 // HARI KEEMPAT PENCARIAN NELAYAN TENGGELAM DI MUARA CIPATUJAH TASIKMALAYA


Kantor SAR Bandung Siaga dan Waspadai Potensi Tsunami di Wilayah Jawa Barat Akibat Gempa di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa


Jumat, 02 Agustus 2019- pukul 19.03.21 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan M=7,4. Episenter terletak pada koordinat 7.54 LS dan 104.58 BT tepatnya di laut pada kedalaman 10 km dan hingga pukul 20.00 WIB peringatan masih belum di cabut statusnya.

Berdasarkan informasi dari BMKG gempa ini berpotensi tsunami dengan peringatan dini untuk wilayah: (1) Pandeglang Bagian Selatan dengan status ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter). (2) Pandeglang Pulau Panaitan dengan status ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter). (3) Lampung-Barat Pesisir-Selatan dengan status ancaman SIAGA (ketinggian maksimal 3,0 meter). (4) Pandeglang Bagian Utara dengan status ancaman WASPADA (ketinggian maksimal 0,5 meter). (5) Lebak dengan status ancaman WASPADA (ketinggian maksimal 0,5 meter).Kepada masyarakat di wilayah dengan status "SIAGA" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi. Kepada masyarakat di wilayah dengan status "WASPADA" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Kantor SAR Bandung siap dan siaga jika dibutuhkan serta terus melakukan pemantauan dengan berbagai pihak terkait. Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah menghimbau seluruh rescuer kantor SAR Bandung agar siaga dan waspada serta selalu berkoordinasi dengan pihak pihak terkait.

Kantor SAR Bandung melakukan pemantauan terkait waspada potensi tsunami pasca gempa di berbagai wilayah di Jawa Barat yaitu wilayah pantai Pelabuhan ratu, ujung genteng, Cidaun, Santolo, cipatujah hingga pengandaran.

“Seluruh personil Kantor SAR Bandung telah disiagakan. Saat ini juga kami terus berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait di wilayah terdampak gempa di Jawa Barat. Koordinasi juga terus dilakukan dengan Kantor SAR Jakarta dan Kantor SAR Banten untuk mengetahui informasi terkait situasi dan pasca gempa” tutur Deden Ridwansah.  

Hingga pukul 20.15 WIB terpantau berdasarkan hasil koordinasi dengan potensi SAR dan BPBD daerah; Untuk dearah Cianjur berdasarkan info dari BPBD Cianjur pesisir pantai selatan mulai dari Cidaun, Sindangbarang hingga Agrabinta masih terpantau aman, juga belum ada laporan terkait kerusakan atau kecelakaan yang terjadi di wilayah Cianjur dan hingga kini masih dalam penelusuran di keselruhan Cianjur. Untuk wilayah Pantai Pelabuhan Ratu berdasarkan informasi dari Potensi SAR dan BPBD Sukabumi terpantau sebagian masyarakat berinisiatif untuk mengungsi ke bukit namun kondisi di wilayah masih aman terkendali. Sedangkan untuk Pantai Pangandaran masih dalam kondisi aman dan terkendali.

Untuk masyarakat agar menghubungi emergency call Basarnas di 115 dan nomor layanan SAR Kantor SAR Bandung di 022-7780 437 atau 022-7780111  jika membutuhkan layanan SAR dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.



Kategori General Artikel , General Berita , Bencana .
Pengunggah : Humas
2 August 20:40 WIB