EMERGENCY CALL 115 / 022778047 / 022 7780111 / IG : @BASARNAS_JABAR / TWITTER @SAR_BANDUNG


KANTOR SAR BANDUNG SIAP GELAR SIAGA SAR KHUSUS LEBARAN


Bandung, 27 Juni 2019- Iedul Fitri tinggal menghitung hari, seluruh masyarakat muslim di Indonesia suka cita menyambut datangnya hari raya. Merayakan iedul fitri tak lengkap rasanya jika tidak bersama keluarga, maka tradisi mudik di Indonesia selalu menajdi sorotan utama. Dengan lalu lintas yang padat menjelang hari raya dan kawasan wisata yang selalu meningkat pengunjungnya pada libur lebaran maka dibutuhkan kesiap siagaaan pemerintah dalam menjamin situasi yang kondusif dan aman terkendali, salah satunya yang dilakukan oleh BASARNAS.

Menjelang hari raya Iedul Fitri 1440 H, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau BASARNAS gelar siaga SAR Khusus lebaran serentak pada 28 Mei hingga 13 Juni 2019 di seluruh Indonesia salah satunya oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung. Senin, 27 Mei Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan SAR dalam rangka siaga SAR Khusus lebaran 1440 H. Pasukan dikerahkan, peralatan disiapkan semua elemen di siagakan demi tercapainya Siaga SAR Lebaran yang optimal.

Dalam apel siaga lebaran, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Deden Ridwansah S.Sos menyampaikan sambutan kepala BASARNAS di depan seluruh pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung serta rekan media yang hadir pada apel siaga, kabadan menyampaikan bahwa Siaga SAR Khusus lebaran ini dalam rangka mendukung arus mudik dengan pelayanan yang cepat, tepat dan handal. Dalam siaga SAR ini banyak elemen yang harus di siagakan yaitu persiapan personil, Alat yang memadai dan keterampilan personil. Siaga SAR yang dilakukan oleh Basarnas berfokus pada penanganan kecelakaan sehingga kesiap siagaan alat dan personil sangat dibutuhkan.

Di akhir sambutan, beliau menghimbau seluruh personil untuk tetap semangat, menjaga kesehatan dan yakinkan dalam diri masing masing bahwa tugas ini merupakan misi kemanusiaan mulia yang insya Allah bernilai ibadah.

Setelah melaksanakan apel siaga SAR, agenda lainnya yaitu mengikuti video konferensi dengan BCC (Basarnas Command Centre) dan seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung seluruh Indonesia. Dalam agenda tersebut, beberapa hal yang menjadi agendanya yaitu arahan Kepala BASARNAS, arahan Deputi Operasi, Arahan Dir kesiapsiagaan serta pemaparan teknis dan kesiapan setiap kantor SAR di seluruh Indonesia. Kepala BASARNAS mengarahkan kepada seluruh kantor SAR untuk cepat tanggap melapor bila ada kejadian yang menonjol serta menekankan seluruh kantor SAR yang dilalui oleh jalur tol untuk lebih meningkatkan koordinasi dengan operator jalan told an potensi SAR. Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan menyampaikan empat arahan, yaitu pertama penampilan petugas siaga SAR yang harus meyakinkan, kedua Alut yang digunakan harus bersih seperti kendaraan, motor, kapal serta RIB karena kebersihan akan menunjukan kewibaan kita bersama. Ketiga personil diharapkan untuk menjaga kerapihan dalam berpakaian, hindari kegiatan yang tidak pada tempatnya, terakhir beliau menyampaikan terkait sikap personil yang harus mengedepankan sopan santun terhadap masyarakat, tunjukkan kepada masyarakat bahwa personil BASARNAS siap siaga.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung memiliki satu posko utama yaitu di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung Jl Bandung- Garut Km 27, dengan lima posko standby, yaitu Cikopo, Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut, Tol Cipali Rest Area KM 102 dan Nagreg. Dalam optimaliasasi kesiap siagaan SAR Lebaran 1440 H, Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung bergandengan tangan dengan instansi lainnya seperti Kementrian Perhubungan, TNI, POLRI serta juga tetap berkoordinasi dengan potensi SAR.

IMG_7006.JPG

IMG_7031.JPG

IMG_7042.JPG

IMG_7045.JPG



Kategori Berita Kansar , Agenda Pusat , General Berita .
Pengunggah : Humas
27 May 12:02 WIB