HARI KEEMPAT PENCARIAN, TIM SAR GABUNGAN BERHASIL TEMUKAN KORBAN KECELAKAAN KAPAL DI PERAIRAN PANGANDARAN PADA SABTU (05/10/19) PUKUL 07.15 // HARI KEEMPAT PENCARIAN NELAYAN TENGGELAM DI MUARA CIPATUJAH TASIKMALAYA


Satu Korban Dalam Pencarian Operasi SAR Laka Laut Kapal Terbalik di Perairan Pangandaran


Pangandaran, 03 Oktober 2019- Memasuki hari kedua pencarian, TIM SAR Gabungan laksanakan briefing kekuatan personil serta petunjuk kerja SOP dan keselamatan kerja pada pukul 07.30 WIB. Tim SAR Gabungan lanjutkan pencarian terhadap satu korban dalam operasi SAR Kecelakaan Kapal Nelayan Jaya Abdi yang terhempas Gelombang di Perairan Muara Sungai Bojong Salawe Ds Karang Jaladri Kec Parigi Kab Pangandaran.

“Diawali dengan briefing, rencana operasi pada pagi hari ini dimulai pukul 07.45 WIB tim SAR Gab akan melaksanakan pencarian korban An. Elan Suherlan (47) dengan metode pencarian penyisiran air dengan pola  Paralel Sweep” Jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Deden Ridwansah.

“Tim SAR Gabungan dibagi menjadi dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU SATU melakukan penyisiran di permukaan air dari sekitar lokasi kejadian ke Arah Timur Laut  Sejauh 2.7 KM  dengan menggunakan 1 Unit Kapal Jukung. Sedangkan SRU DUA melakukan penyisiran di permukaan air dari lokasi kejadian  ke arah Selatan  sejauh 1.8 KM dengan menggunakan 1 Unit Kapal Jukung” Lanjutnya.

Adapun unsur gabungan yang terlibat yaitu BPBD Pangandaran,  Pos TNI AL Pangandaran, Polairud Pangandaran, Vertical Rescue, MTA Rescue, SAR Pangandaran dan Nelayan setempat. Dengan alut yang digunakan yaitu dua Unit Perahu Jukung Nelayan, satu unit Binocular dan satu set Peralatan komunikasi.

Sebelumnya kemarin (02/10/19) Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menerima informasi pukul 09.00 WIB dari pihak Pos TNI AL Pangandaran terkait kecelakaan kapal Nelayan Jaya Abadi yang terbalik di perairan Pangandaran dengan POB 3 orang, dua orang selamat dan satu orang masih dalam pencarian.



Kategori Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Humas
3 October 7:58 WIB