EMERGENCY CALL 115// IG : @BASARNAS_JABAR // WA : +62 813 16163355// Quick Response Search and Rescue Untuk Indonesia Maju


500 Bibit Mangrove di Pantai Pondok Bali, Subang Dalam Rangka HUT Basarnas ke 50


Subang,07 Februari 2022- Dalam rangka memperingati HUT Basarnas ke 50, Basarnas menyelenggarakan penanaman mangrove yang dilaksanakan di setiap unit pelaksana teknis Basarnas seluruh Indonesia salah satunya di Kantor SAR Bandung. Sebagai wujud syukur dan cinta alam Basarnas dalam hal ini Kantor SAR Bandung menanam 500 bibit mangrove di Pantai Pondok Putri, Ds. Legok Wetan Kec. Legok Kulon Kab.Subang. 

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah besrta jajaran dan Ketua DWP UP Kantor SAR Bandung, Ny. Sandra Deden beserta anggota. Selain itu kegiatan dihadiri oleh Pihak TNI/Polri setempat, Dinas Lingkungan Hidup, Kalak BPBD Subang, Tagana Subang, Koordinator FKP3 Jawa Barat dan Potensi SAR Subang. 

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini semoga bisa berdampak positif bagi lingkungan sekitar, menciptakan ekositem yang baru, dan sebagai salah satu bentuk peduli terhadap mitigasi cuaca. Basarnas Bandung bersama sama stakeholder terkait  menanam 500 bibit pohon mangrove sebagi cikal bakal dan manfaat mangrove bisa terwujud, lingkungan pantai setempat jauh dari abrasi serta sedimentasi tidak terlalu cepat. 

Analis Lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Subang menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Basarnas, Semoga kolaboras ini tidak sampai disini tapi juga berkelanjutan, semoga Kegiatan ini membawa keberkahan dan menjadi nilai ibadah bagi semua yang terlibat. 

Adapun  HUT Basarnas ke 50 jatuh pada tanggal 28 Februari 2022, Basarnas melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya kompetisi olahraga, sarasehan, dan bakti sosial yang salah satunya adalah penanaman mangrove. Tanaman mangrove berfungsi sebagai pencegah abrasi dan pengikisan kawasan pesisir pantai. Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup bagi biota laut dan satwa-satwa lainnya. Tujuan kegiatan penanaman mangrove serentak ini untuk merehabilitasi kawasan pesisir, selain itu sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan dan ekosistem serta mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai arahan Presiden Republik Indonesia.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Bandungadmin
7 February 11:00 WIB