EMERGENCY CALL 115// IG : @BASARNAS_JABAR // WA : +62 813 16163355// Quick Response Search and Rescue Untuk Indonesia Maju


84 Orang Potensi SAR Dinyatakan Lulus Pada Pelatihan Potensi SAR Jawa Barat


 

Kuningan, 20 Maret 2022- Pelatihan Potensi SAR Jawa Barat pada Teknik Pertolongan di Permukaan Air dan di Gunung Hutan yang dilaksanakan sejak Selasa, 15 Maret 2022   telah selesai di selenggarakan di Kab. Kuningan Jawa Barat selama 6 hari. Kegiatan resmi di tutup pada pukul 16.00 WIB oleh kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah di aula Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat. Berdasarkan hasil pelatihan dan pengujian kepada seluruh peserta maka 49 orang dinyatakan lulus Pelatihan potensi SAR Jawa Barat Pada Teknik Pertolongan di Permukaan air sedangkan 35 Orang lainnya dinyatakan lulus pelatihan Potensi SAR Jawa Barat pada Teknik Pertolongan di Gunung Hutan. 

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengaku bangga karna seluruh peserta dapat melewati kegiatan dengan baik sehingga dapat menerima hasil yang sesuai dengan yang di harapkan, beliau berharap agar seluruh peserta dapat mengimplementasikan semua ilmu yang di dapat  di kejadian yang sesungguhnya, semoga juga bisa meningkatkan semangat menolong antar sesama dan memupuk rasa ikhlas menolong masyarakat di tengah kejadian kejadian yang sering kali kita hadapi sebagai insan SAR.  Beliau juga menyampaikan bahwa seluruh kegiatan patihan potensi SAR tetap mengutamakan safety dan memperhatikan protokol kesehatan.

Koordinator Kegiatan Pelatihan Potensi SAR Jawa Barat, Nova Perdiana menyebutkan Selama 6 hari pelatihan Peserta di bekali dengan materi teknis pertolongan di air atau water rescue seperti Metode pertolongan di permukaan air, Depend release, tow and carry dan pengoperasian perahu karet dan mopel sedangkan peserta pelatihan teknis pertolongan di Gunung Hutan atau Jungle Rescue dibekali materi MFR (Medical First Responder),  Navigasi, survival, Resection, PPPM (Perlengkapan, Packing, Pakaian dan Makanan) dan Tandu darurat. Kegiatan Water rescue di selenggarakan  di Danau Kebun Raya Kuningan sedangkan Jungle Rescue di selenggarakan di Gunung Ciremai Kab Kuningan. 

Turut hadir pada penutupan kegiatan Pelatihan Potensi SAR yaitu  Dandim 0615 Kuningan, Kapolres Kuningan, Kalak BPBD Kuningan,  Kepala UPTD Kebun Raya Kuningan,  Danramil 1514/PCG kuningan, Ketua laskar agung macan ali dan Korwil FKP3D Ciayumajakuning.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Bandungadmin
20 March 12:00 WIB