EMERGENCY CALL 115// IG : @BASARNAS_JABAR // WA : +62 813 16163355// Quick Response Search and Rescue Untuk Indonesia Maju


Kantor SAR Bandung Gelar Pelatihan Potensi SAR Jawa Barat Teknik Pertolongan di Air dan Gunung Hutan di Kuningan


 

Kuningan, 15 Maret 2022- Bertempat di Kebun Raya Kuningan, Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah membuka giat pelatihan Potensi SAR Jawa Barat teknik Pencarian dan Pertolongan Teknik Pertolongan di Permukaan Air ( Water rescue ) dan pertolongan di gunung hutan ( jungle rescue) di Kabupaten kuningan provinsi jawa barat. Jumlah peserta yaitu 100 orang terdiri dari 50 orang peserta water rescue dan 50 orang peserta jungle rescue berasal dari instansi pemerintah dan organiasai SAR berbasis masyarakat di wilayah Jawa Barat. 

Kegiatan dihadiri langsung oleh Bupati Kuningan, Dandim 0615 kuningan,  Kapolres kuningan, Kalak BPBD kuningan, Ketua fkp3d jawa barat dan Ketua Rapi cirebon. Pelatihan Potensi SAR akan digelar selama 6 hari hingga 20 Maret 2022. Kegiatan praktik water rescue akan dilaksanakan di Perairajn Danau Kebun Raya Kuningan sedangkan praktek Jungle Rescue akan dilaksanakan di Gunung Ciremai Kuningan, kegiatan Diawasi oleh 2 supervisor dari Basarnas Pusat dan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Pelatihan Teknis Potensi Pencarian dan Pertolongan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian sumber daya manusia Potensi Pencarian dan Pertolongan yang diperlukan dalam pelaksanaan operasi Pencarian dan Pertolongan sehingga nantinya bisa diterapkan dalam pelaksanaan operasi SAR sesungguhnya. 

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai sebuah instansi pemerintahan yang bergerak di Bidang SAR, Basarnas bertanggung jawab dalam pelaksanaan pembinaan bagi potensi SAR termasuk dalam penyelenggaraan pelatihan potensi SAR yang saat ini akan dilakukan. Basarnas khususnya kantor SAR Bandung dengan segala keterbatasannya sangat membutuhkan banyak bantuan dari berbagai pihak khususnya keterlibatan sumber daya manusia yang kompeten dan mampu melaksanakan operasi SAR yang efektif dan efesien sesuai dengan tujuan kita bersama.  Kegiatan diharapkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan sehingga ilmu yang sudah didapatkan nantinya semoga bisa diimplementasikan oleh peserta di masa yang akan datang.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Bandungadmin
15 March 10:05 WIB