EMERGENCY CALL 115// IG : @BASARNAS_JABAR // WA : +62 813 16163355// Quick Response Search and Rescue Untuk Indonesia Maju


KM Sida Rahayu 3 GT 30 Terbalik di Perairan Laut Jawa, Basarnas Bandung Siagakan Alut dan Personel


 

Bandung, 27 Agustus 2022- Petugas Operator komunikasi Kantor SAR Bandung menerima laporan dari Kantor SAR Jakarta terkait kecelakaan kapal yang terjadi pada Kamis (25/08) pukul 22.00 WIB bahwa KM Sida Rahayu 3 GT 30  terbalik di Perairan laut Jawa dengan koordinat  05 17'161" S 107 48'498"E dan mengakibatkan 8 dari 14 anak buah kapalnya hilang pasca kejadian tersebut.

Berdasarkan laporan yang diterima Kapal Cumi KM Sida Rahayu 3 dengan 14 POB (Person On Board)  berangkat melaut dari Pelabuhan Muara Angke pada Selasa (23/08) tujuan laut Jawa, namun pada Jumat (26/08) Pukul 08.45 TB Mitra Pulau yang sedang berlayar dari Sukamara menuju Marunda melihat KM SIDA RAHAYU 3 dalam kondisi terbalik, selanjutnya TB Mitra Pulau melakukan penyelamatan terhadap 6 ABK dan dievakuasi ke Pelabuhan Marunda, sedangkan 8 ABK lainnya masih dalam pencarian. 

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril.S.E., M.M memerintahkan pengerahan alut dan personel dari Kantor  dari kapal Basarnas KN 206 Bandung beserta crew, Personel Kantor SAR Bandung, Personel Unit Siaga SAR Karawang serta secara intens melakukan koordinasi dengan BCC (Basarnas Command Center), Kantor SAR Jakarta, SROP Tj. Priok, VTS Tj. Priok, KSOP Patimban dan VTS Cirebon. Selain itu Kantor SAR Bandung berkoordinasi dengan Kantor SAR Jakarta terkait pengerahan Alut dari Kantor SAR Jakarta untuk melakukan pencarian POB yang belum ditemukan. "Kita sudah meminta bantuan Kantor SAR Jakarta untuk mengerahkan KN SAR Wisnu dan RIB Jakarta karena memang lokasi kejadian lebih dekat dari posisi standby ALUT Jakarta", pungkas Jumaril.

DATA POB SELAMAT:
1. Nama : Panji Irawan
Jabatan : KKM

2. Nama : Castiyah 
Jabatan : Kelasi

3. Nama : Jamaludin 
Jabatan : Kelasi

4. Nama : Ari Sutiyoso 
Jabatan : Kelasi

5. Nama : Kirno Hadi 
Jabatan : Kelasi

6. Nama : Fiqih Maulana
Jabatan : Kelasi

DATA POB DP (Dalam Pencarian):
1. Nama : Selamet Sugriyono
Jabatan : Nahkoda 

2. Nama : Ahmad Sahlani 
Jabatan : Kelasi

3. Nama : Kalari
Jabatan : Kelasi

4. Nama : Taryudi 
Jabatan : Kelasi

5. Nama : Mungadi 
Jabatan : Kelasi

6. Nama : Wisnu 
Jabatan : Kelasi

7. Nama : Ady Romadon 
Jabatan : Kelasi

8. Nama : Yadi suprihadi 
Jabatan : Kelasi



Kategori General Artikel , General Berita , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : Bandungadmin
27 August 13:00 WIB