EMERGENCY CALL 115// IG : @BASARNAS_JABAR // WA : +62 813 16163355// Quick Response Search and Rescue Untuk Indonesia Maju


Perkuat Sinergitas, Kepala Kantor SAR Bandung Kunjungan Kerja ke Kab. Pangandaran


 

Pangandaran, 20 Januari 2023- Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril S.E. M.M didampingi kepala Seksi Operasi dan Siaga, Supriono S.H, Kepala Sub Bagian Umum, Nopriangga S.E dan Kepala Seksi Sumber Daya, Wardana S.Or melaksanakan kunjungan kerja ke Kab. Pangandaran sebagai bentuk peningkatan sinergi bersama stakeholder setempat khususnya di bidang pencarian dan pertolongan. Pelaksanaan kunjungan kerja ini pun sebagai salah satu cara untuk mempererat silaturahmi sehingga terjalin komunikasi yang baik dan solid agar nantinya tercipta pelaksanaan operasi SAR yang efektif, cepat dan tepat. 

Kunjungan kerja dilaksanakan sejak Kamis, 19 Januari hingga Sabtu, 21 Januari 2023. Hari pertama rombongan melaksanakan kunjungan ke Unit Siaga SAR Pangandaran yang merupakan salah satu Unit yang dimiliki Kantor SAR Bandung yang di bentuk untuk peningakatan response time Operasi SAR di wilayah Pangandaran. Selain itu juga kunjungan ke salah satu potensi SAR di Pangandaran yaitu Sigab Persis, Potensi SAR merupakan sumber daya Basarnas yang dapat membantu pelaksanaan operasi SAR di lapangan. 

Hari kedua Kepala Kantor SAR Bandung melaksanakan pertemuan dengan Bupati Pangandaran, H. Ujang Endin Indrawan. Dalam pertemuan tersebut kepala Kantor SAR Bandung menyampaikan untuk terus mendukung pelakasanaan Operasi SAR di Kabupaten Pangandaran terlebih dukungan terkait peningkatan Unit Siaga SAR Pangandaran menuju Pos SAR Pangandaran "Sehingga jika dilaksanakan perubahan menjadi Pos akan ada peningkatan terhadap jumlah personel dan juga alut SAR di Wilayah Pangandaran sehingga bisa meningkatkan pelayanan operasi SAR" ujar Jumaril. Selanjutnya kunjungan dilaksanakan ke Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran, rombongan disambut  Wadir III, Afriana Kusdinar, S.St.Pi.,M.Sc hadir pula Wadir I Ahmad Sopian dan Wadir II, Dino Toto. Pada kesempatan tersebut, Wadit III Afriana menyebut bahwa Politeknik Kelautan dan Perikanan ini akan dibentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Bidang SAR sehingga membutuhkan dukungan untuk peningkatan kompetensinya dari Basarnas, Kepala Kantor SAR Bandung menyambut baik rencana pembentukan tersebut, beliau menyebut bahwa pembentukan UKM di bidang SAR akan sangat membantu Basarnas untuk menjangkau pelayanan operasi SAR di berbagai wilayah di Pangandaran sehingga akan mendukung salah satunya dengan pelaksanaan Bimtek/Diklat SAR.   Selanjutnya melaksanakan kunjungan ke Potensi SAR Baracuda Pangandaran (Barudak Cekatan di Air), disambut oleh Ketua Baracuda, Sakio Andrianto. Dan kunjungan terakhir ke Pos Layanan Polairud Polres Pangandaran, disambut oleh Kasat Polair Polres Pangandaran, AKP Sugianto.

Kegiatan kunjungan masih akan berlanjut hingga sabtu 21 Januari 2023 yakni melakukan pertemuan dengan Koordinator Wilayah Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D) Pangandaran Iwan Irawan, sekaligus menghadiri kegiatan Baksos Donor Darah di Markas SAR Majelis Tafsir Alquran (MTA) Pangandaran.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Bandungadmin
20 January 17:00 WIB