EMERGENCY CALL 115// IG : @BASARNAS_JABAR // WA : +62 813 16163355// Quick Response Search and Rescue Untuk Indonesia Maju


Siaga SAR Khusus SAJA Pangandaran


 

PANGANDARAN - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) turut berpartisipasi pada event Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 yang berlangsung di Taman Dirgantara Susi's  International Beach Strip, Pangandaran, Jawa Barat, Jumat - Minggu (17-19/5/2022). 
Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus untuk merespon cepat jika terjadi kedaruratan selama kegiatan berlangsung. Basarnas mengerahkan helikopter Doulphin HR-3606, jet ski, rescue car, dan berbagai peralatan SAR lainnya di area jambore. 

Event tersebut dibuka oleh Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang juga  Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Aviation. 

"Selain hobi, kegiatan Susi Air Jambore Aviation ini sebagai media untuk mendekatkan kedirgantaraan kepada masyarakat," kata Susi yang juga host Susi Cek Ombak tersebut.
Susi menambahkan, bahwa kedirgantaraan sangan releven untuk menikmati keindahan alam Indonesia yang identik dengan negara kepulauan. 
"Indonesia ini sangat indah jika melihatnya dari atas," imbuhnya.

Jambore yang dihadiri oleh para pecinta kedirgantaraan nusantara tersebut diikuti puluhan pesawat, diantaranya milik Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi. Bahkan, pada kesempatan tersebut, Kabasarnas sempat melakukan manuver dengan pesawat PK-S325 yang ia rakit sendiri. 

"Selain Siaga SAR Khusus memback up kegiatan Susi Air Jambore Aviatio, Basarnas juga melakukan simulasi evakuasi medis udara dan pameran peralatan SAR. Selain itu, kami juga melaksanakan pembinaan potensi SAR dengan pelatihan water rescue di Pantai Pangandaran dan rapat Forum Koordinasi Potensi SAR wilayah kerja Kantor SAR Bandung," kata Kabasarnas.

SAJA diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, beach clean up bersama Pandu - beach strip untuk cagar alam oleh seluruh tamu dan peserta jambore, penerbangan joy flight dengan mengajak warga sekitar terbang menggunakan pesawat Susi Air, akrobat udara oleh peserta jambore, skydivers, dan demo evakuasi medis udara oleh Basarnas. (*)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Agenda Pusat .
Pengunggah : Bandungadmin
17 June 13:00 WIB