EMERGENCY CALL 115// IG : @BASARNAS_JABAR // WA : +62 813 16163355// Quick Response Search and Rescue Untuk Indonesia Maju


Tingkatkan Kemampuan SAR di Bangunan Runtuh, Rescuer Basarnas Bandung Laksanakan Latihan SAR Beregu


 

Bandung, 04 Oktober 2022- Dalam rangka meningkatkan kemampuan rescuer dalam pelaksanaan operasi SAR di bangunan runtuh, 36 Rescuer Basarnas Bandung mengikuti kegiatan latihan SAR Beregu di Bangunan Runtuh/ CSSR (Collapse Structure Search and Rescue) yang dilaksanakan di Kantor SAR Bandung selama 3 hari terhitung mulai hari ini 04 Oktober hingga Kamis, 06 Oktober 2022. Pukul 08.00 WIB tadi pagi, Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril S.E., M.M secara resmi membuka kegiatan Latihan SAR Beregu di Bangunan Runtuh/ CSSR (Collapse Structure Search and Rescue) pada upacara pembukaan latihan SAR Beregu yang digelar di lapang upacara Kantor SAR Bandung. Dalam sambutannya beliau menyebut kegiatan latihan ini bertujuan agar para petugas pencarian dan pertolongan/ Rescuer mengetahui prosedur operasi pencarian dan pertolongan di bangunan runtuh. “Selain untuk meningkatkan pengetahuan rescuer terkait prosedur operasi SAR di bangunan runtuh, kegiatan ini juga untuk menguji kemampuan operasional sarana dan prasarana pencarian dan pertolongan dalam pelaksanaan operasi SAR secara cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinasi”.

Adapun Teknik yang akan dilaksanakan dalam latihan SAR Beregu di Bangunan runtuh ini adalah Searching/ Pencarian di bangunan runtuh, Horizontal Acces, Vertical acces dan shorring. Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril S.E., M.M berharap melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat kemanusiaan, kesatuan pola piker dan pola tindak yang sama untuk melaksanakan oeprasi pencarian dan pertolongan seoptimal mungkin. “Sebesar dan seberat apapun tugas yang kita hadapi, dengan didasari niat mulia, semangat untuk berlatih saya yakin pelayanan SAR kepada masyarakat bisa terlaksana dengan baik” ungkap Jumaril. Beliau juga berpesan agar seluruh peserta bisa mengikuti latihan ini dengan serius  dan melaksanakan instruksi yang diberikan para fasilitator baik pembekalan materi ataupun praktek agar dapat memberikan output yang dapat diaplikasikan dengan baik di lapangan serta mengutamakan keselamatan diri dan menghindari over confident dan keragu raguan pada latihan yang beresiko.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Bandungadmin
4 October 10:00 WIB